Dalam rangka mempersiapkan semester genap dan evaluasi program, Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-UNPAM) mengadakan musyawarah pada hari Rabu (15/02/2020) di gedung stikes Widya Dharma Husada lantai 2 di jalan Pajajaran Pamulang Baru Kec. Pamulang, Tangsel. Musyawarah ini dipimpin oleh ketua LKK Sofyan Hadi Musa, M.A., dan semua dosen agama yang aktif dari berbagai prodi hadir untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan kampus Unpam yang religius. Musyawarah ini digelar dari siang hingga sore dan berjalan dengan lancar.

4

Sofyan dalam pengarahannya mengatakan, dosen agama Islam, kristen, hindu budha agar bisa aktif memajukan LKK dan mewujudkan kampus Unpam yang religius. “Kami berharap semua dosen agama aktif untuk memberikan kontribusi untuk kemajuan LKK dan Unpam. Dosen yang aktif dan ber-NIDN akan kami perhatikan dalam beban kerja dosen (BKD) dan kami prioritaskan agar dosen aktif tersebut bisa mengajar sesuai BKD,” jelas Qori International itu.

Lanjut Sofyan, dosen yang tidak aktif kami harapkan bisa ikut berkontribusi mengambil peran dalam program keagamaan yang sudah dicanangkan. “Masih banyak dosen agama yang belum aktif, bahkan belum kami kenal. Setelah kami data, ada dosen agama yang selama ini yang mengajar latar belakang agama tetapi mengajar mata kuliah lain, bahkan yang dosen yang tidak aktif BKD yang diberikan cukup banyak, ketimbang dosen yang aktif. Kami berharap, semua dosen bisa ambil peran untuk memajukkan program keagamaan,” terangnya.

7

Sofyan juga menjelaskan, dosen agama mengajar sesuai dengan modul yang sudah ditetapkan. “Dosen yang aktif pasti tahu dan up date tentang modul agama. Kami khawatir dosen yang tidak aktif mengajar tidak sesuai dengan modul agama yang disepakati. Oleh sebab itu, harapan kami dosen agama yang di prodi masing-masing bisa aktif dan meng-update berita dan informasi seputar kegiatan keagamaan,” ungkapnya. Sofyan juga mengingatkan berulang kali agar dosen mengawali perkuliahan dengan tadarus Al-Quran. “Wajib dosen agama sebelum sesi dimulai sekitar 15 menit bisa mengawali membaca Al-Quran. Mencatat siapa saja mahasiswa yang bacaanya sudah bagus dan sesuai kaidah dan mana yang belum. Kegiatan ini akan membawa dampak yang bagus untuk perkembangan jiwa mahasiswa. InsyaAllah jika diawali dengan tadarus, keberkahan akan senantiasa terlimpah kepada kita semua,” ujarnya penuh semangat.

Sofyan mengecam, bagi siapa dosen yang hanya datang saat UTS dan UAS di setiap reguler. “Dosen yang hanya absen, datang di akhir perkuliahan, tidak mengajar kecuali hanya datang saat UTS dan UAS maka akan mendapat sanksi dari Yayasan. Kami berharap dosen tersebut segera taubat dan mengembalikan gaji buta yang diterimanya setiap bulan. Begitu juga dosen yang suka membuat kotor ruangan, khususnya ruang LKK, saat ini masih didapati dosen yang makan dan minum tidak membersihkan kembali. Alhasil, saya berkali-kali ditegur pihak yayasan. Jika dosen agama tidak mampu menjaga kebersihan ruangan, maka saya akan mundur,” tegasnya.

2

Sofyan menambahkan, setiap program juga harus dievaluasi agar jadi lebih baik. “Devisi kajian diharapkan bisa melaksanakan seminar nasional dan international dalam setahun dua kali. Devisi KUM agar setiap dosen bisa terlibat memberikan pengajaran di luar kelas dan membentuk karakter mahasiswa yang lebih religius. Devisi kemasjidan juga agar bisa memperhatikan kebersihan, perlengkapan sarana untuk menunjang ibadah lebih nyaman dan khusyuk. Masjid lebih terawat dan wangi. Tidak hanya masjid, mushola juga perlu kita perhatikan agar memberikan rasa nyaman dan tenang. Devisi DPJ tidak hanya mensosialisasikan pelatihan kepada mahasiswa dan yayasan, tapi juga semakin berkembang dan lebih baik,” ujarnya.

Ketua Web Keagaman, Deni Darmawan juga memberikan laporan tentang program web. “Setiap seminggu atau sebulan devisi web mengupayakan agar ada berita yang bisa diliput dan dimasukkan ke web. Setiap devisi bisa sinergi satu pintu dalam memberikan informasi tentang kegiatan keagamaan. Devisi web berharap ada kerjasama yang baik antar semua devisi LKK sehingga berita bisa diakses oleh mahasiswa. Web LKK akan selalu di pantau oleh IT pusat tentang perkembangannya. Peliputan berita juga banyak dibantu oleh Duta Zakat. Alhamdulilah, ketua LKK mengizinkan konten web tidak hanya berita kegiatan, tapi juga setiap dosen bisa memberikan tulisannya sehingga bisa di akses oleh setiap mahasiswa,” tutupnya (den)

 

3 thoughts on “Dosen Agama harus Aktif dalam Mewujudkan Kampus Religius

Comments are closed.