2

Dalam situasi Social Distancing karena Covid-19 tidak menghalangi dosen Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-UNPAM) untuk mengadakan meeting dengan menggunakan video conference pada Selasa (25/03/2020) dengan menggunakan aplikasi Zoom dengan agenda pembahasan seminar yang biasa diselenggarakan setiap semester. Andi Hidayat selaku ketua penyelenggara menghimbau dosen yang menjadi panitia untuk aktif masuk dengan mendownload aplikasi zoom sehingga meeting bisa dilaksanakan di rumah masing-masing.

1

Mukhlisin selaku host meeting meng-invite dosen LKK dengan menginfokan ID user sehingga bisa mengakses dan terlibat dalam meeting conference. Andi selaku ketua penyelenggara seminar membuka rapat dan pembahasan mengenai tema, waktu, dan konsep seminar. Para dosen dipersilahkan untuk mengemukakan pendapat masing-masing mengenai pelaksanaan seminar dan konsepnya.

Ini kali pertama dosen LKK menggelar meeting conference membahas seminar. Biasanya LKK mengadakan meeting seminar tatap muka di ruang sekretariat ditemani makanan ringan dan secangkir kopi atau teh. Namun, hal ini menjadi berbeda ketika para dosen menggelar meeting dengan video conference dirumah masing-masing. Para dosen berupaya untuk bisa terlibat dalam meeting walaupun ada yang menggunakan handphone atau laptop. Walaupun ada beberapa dosen yang bisa masuk tapi tidak bisa mengemukakan pendapat karena ada gangguan pada audio, jadi hanya terlihat video atau gambarnya. Ada juga dosen yang tidak terlibat karena terbatasnya pulsa atau peralatan.

3

Ini menjadi bukti keseriusan dosen LKK untuk bisa mewujudkan seminar keagamaan ditengah kondisi social distancing. Namun begitu, kami berharap kondisi bisa normal kembali sehingga kegiatan-kegiatan program LKK yang sudah dicanangkan seperti Kampus Unpam Mengaji (KUM) bisa diselenggarakan, meski tidak harus dikampus, tapi mahasiswa yang berada dirumah bisa mengaji melanjutkan bacaannya dirumah. Jadi selain E-Learning dirumah, mahasiswa bisa selingi dengan membaca Al-Quran dan berdoa agar negeri tercinta Indonesia bisa terlepas dari wabah covid-19. Aamiin. (Den)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *