Dalam rangka memperingati turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan (Nuzulul Quran), Universitas Pamulang menggelar “Peringatan Nuzulul Quran” pada Minggu (10/05/2020) melalui video conference dengan menggunakan aplikasi Zoom. Acara ini dihadiri oleh Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat, M.M, Ketua LKK Unpam Ustadz Sofyan Hadi Musa, SQ., M.Ag, dan Ketua Penjaminan Mutu LPM) Ustad Imam Sofi’i, M.Pd. Tausiah disampaikan oleh Ustadz Abdul Muhyi Ismail, S.H.I., M.Pd.I. serta dihadiri oleh para dosen dan para mahasiswa. Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi dari mahasiswa tehnik Unpam Ryan Hidayat dan selaku MC dipandu oleh Ibu Endah Mawarni, M.A

ok nuzulu quran

Dalam sambutannya ini, Sofyan Hadi memberikan sambutan terkait peran penting Al-Quran sebagai pedoman hidup.“Al-Quran sebagai pedoman hidup, maka kita harus bisa memahaminya, baik ayat-ayat yang bersifat qauliyah maupun ayat-ayat yang bersifat kauniyah. Seperti yang disampaikan Rasulullah bahwa hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu, dan alangkah baiknya juga lisan kita dihiasi dengan Al-Quran, sehingga lidah kita tidak pernah lepas dari Al-Quran. Mudah-mudahan peringatan Nuzulul Quran ini menjadi wadah untuk kita lebih dekat dengan Al-Quran, mentadabburi isi Al-Quran, dan memaknai isi Al-Quran,” paparnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Rektor H. Dayat Hidayat, M.M bahwa kegiatan keislaman merupakan implementasi dari visi Unpam sebagai kampus yang mengutamakan nilai-nilai religius.

“Salah satu kegiatan untuk mewujudkan visi Unpam adalah kegiatan seperti ini. Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu program Unpam sebagai salah satu kampus yang mengutamakan nilai-nilai religius. Dan bulan ramadhan ini adalah bulan yang paling dirindukan oleh kita semua sebagai muslim, bahkan permukaan bumi dari ujung belahan Barat sampai ujung belahan Timur ini tidak pernah lepas dari kalimat-kalimat Al-Quran yang  dibaca dan diperdengarkan oleh umat manusia. Al-Quran adalah sahabat yang tidak akan pernah lepas dan tidak akan pernah meninggalkan kita sampai ke alam barzah bahkan sampai ke akhirat,” jelasnya.

“Maka barang siapa yang selalu membaca Al-Quran akan selalu mendapatkan syafa’atnya. Unpam selalu menanamkan nilai-nilai religiusnya, dan manajemen yang diterapkan di Unpam adalah manajemen langit, manajemen Al-Quran, sehingga Unpam bisa menjadi kampus terdepan yang menanamkan nilai-nilai religiusnya. Dan kami punya keyakinan bahwa Unpam besar berkat doa dari semua civitas akademik Unpam maupun masyarakat. Oleh sebab itu, di bulan Ramadhan ini mari kita doakan Unpam selalu dapat berkiprah dan berbagi untuk bangsa,” ungkap Pak Rektor.

Tausiyah juga disampaikan oleh Ustadz Abdul Muhyi Ismail, S.H.I., M.Pd.I. tentang Kemu’jizatan Al-Qur’an sebagai sumber dari segala hukum, sebagai pedoman hidup, dan sebagai pengobat.

“Kemu’jizatan Al-Qur’an lebih banyak terbukti setelah nabi wafat. Ada beberapa pandangan dari Al-Quran, dilihat dari segi bahasanya beda dengan bahasa-bahasa lain, kalau bahasa arab atau bahasa lain, tiga kali dibaca saja sudah bosan, tapi Al-Qur’an, semakin kita baca semakin ketagihan untuk membacanya, bahkan karena bacaan Al-Qur’an juga yang menjadi jalan Umar bin Khatab mendapatkan hidayah sehingga langsung mengucapkan syahadat. Saking mulianya Al-Qur’an tidak ada yang bisa menandinginya. Dalam surat A-Isra ayat 88 Allah menjelaskan keagungan Al-Qur’an dalam kefasihan hukum-hukum, kalimat-kalimat dan makna-maknanya. Al-Qur’an adalah kalam Allah dan bukan perkataan manusia. “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa dengan Al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain” (QS. Al-Isra:88),” papar Ustadz Abdul Muhyi.

“Al-Qur’an juga sebagai Pengobat, baik sakit secara dhohir maupun bathin. Begitu mulianya Al-Qur’an sampai-sampai orang yang memuliakan Al-Qur’an juga mendapat kemuliaannya. Al-Qur’an Allah turunkan untuk petunjuk bagi umat manusia, mengajarkan agar suami dan istri saling pengertian, mengajarkan agar jangan menyekutukan Allah dan berbuat baik kepada orangtua, dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan Ramadhan ini kita mendapat kemuliaan karena menjalankannya penuh dengan kesabaran” tutup Ustadz Abdul Muhyi.

Penulis

Lala Latifatul Amaliyah (Mahasiswi Unpam Prodi S1 Matematika)

 Siti Iftahul (Mahasiswi Unpam Prodi S1 Akuntansi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *