PAMULANG, LKK-Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-Unpam) menggelar acara peringatan tahun baru hijriyah 1442 H dengan tema “Tahun Baru Hijriyah Sebagai Momentum Implementasi Nilai-nilai Humanis Religius dalam Membangun Peradaban” pada Sabtu (29/8/2020) di Masjid Darul Ulum Kampus 2 Viktor.

11 copy

Turut hadir ketua yayasan Universitas Pamulang, Rektor, Wakil Rektor, Kaprodi, Dosen Agama, serta puluhan anak yatim.

Kegiatan ini merupakan puncak dari acara sebelumnya yaitu lomba MTQ secara virtual yang di ikuti oleh 50 mahasiswa Universitas Pamulang dari berbagai prodi. Acara gebyar muharam ini di isi dengan pengumuman juara Lomba MTQ, santunan anak yatim dan tabligh akbar oleh ustadz Abdul Muhyi Ismail M.Pd.I dari dosen agama S1 Akuntansi.

Dalam sambutannya, Ust. H. Sofyan Hadi Musa, SQ,. M.A selaku ketua LKK Unpam menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang sudah hadir dan menyempatkan waktunya untuk bertemu dengan anak-anak yatim. “Tahun baru semangat baru. Pada pelaksanaan peringatan tahun baru hijriah ini, kita harus mewujudkan visi unpam yaitu humanis dan religius. Dari sisi humanis yaitu dengan mengundang anak-anak yatim yang dekat dengan kampus pusat dan viktor, Kemudian dari sisi religius setiap acara kami selalu mengadakan khataman Al-Qur’an,” ujarnya.

“Adapun lomba MTQ secara virtual ternyata peminatnya lebih banyak, dan dari sini kita tahu ada bibit-bibit unggul di Unpam. Tahun ini santunan kepada 60 anak yatim, semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi. Aamiin. Antusias dalam acara ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan kedepannya visi religius dan humanis bisa terwujud,” harapnya.

Sambutan selanjutnya dari ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr. (HC) Drs H. Darsono. “Bersyukur karena bisa merayakan tahun baru Islam disertai acara santunan anak yatim. Terima kasih kepada LKK yang telah mengimplementasikan visi lembaga yaitu religius dan humanis. Sarana yang kita sediakan alhamdulillah digunakan sebaik-baiknya. Sesuai dengan keyakinan kita, kita akan dapat keberkahan dengan adanya acara ini. Semoga acara ini bisa berlanjut, mudah-mudahan suasana islami tercipta di kampus kita. Kita dukung kegiatan-kegiatan positif ini, kita bimbing mahasiswa kita agar mempunyai akhlak yang baik, iman yang baik sehingga punya rasa kepedulian kepada orang-orang yang harus dan layak dibantu,” tuturnya.

cdcd

Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat M.M juga menyampaikan dalam sambutannya, menjadi suatu kebahagiaan bisa berkumpul di masjid Darul Ulum. “Harapan ke depannya untuk kegiatan yang bersifat religius kita tingkatkan lebih baik lagi sehingga mahasiswa bisa berpartisipasi dalam menghidupkan masjid. Betapa hebatnya jika Unpam mempunyai atmosfer yg luar biasa di bumi dan di langit,” tuturnya.

“hijrahlah dalam bertindak dan berfikir yang lebih baik lagi. Ke depan masjid ini di maksimalkan kegiatannya, kajian-kajian Dzuhur, ashar dan seterusnya. Tunjukan kepada orang-orang bahwa kalau ingin melihat Unpam lihat masjidnya, lihat aktifiktas masjidnya. Dan nanti ini demikian kalau melihat Unpam maka lihat masjid darul ulum nya. Dengan begitu akan muncul intelektual yang cemerlang dari masjid Unpam,” lanjutnya.

Puncak acara Muharram di isi oleh tausiah yang disampaikanoleh Ustadz Abdul Muhyi Ismail, M.Pd.I ”Ada beberapa pelajaran yang dapat di ambil dari perjalanan nabi membangun kota Madinah, tiga diantaranya yaitu nabi membangun masjid (Quba) karena nabi tahu dari masjid menjadi sentral kebaikan dan menyebarkan kedamaian. Dari masjid akan menghadirkan orang-orang yang baik. Dari masjid akan menebar kebaikan, sebab kebiasaan yang baik dilakukan terus-menerus lama-lama akan menghilangkan kebiasaan buruk. Kalo yang kita lakukan maksiat terus-menerus maka hilang kenikmat dalam beribadah,” jelasnya.

2 copy

“Kedua adanya kerjasama antara yang tua dan yang muda bisa solid dan  kompak. Yang tua di wakili oleh Abu Bakar, yang sangat setia mendampingi nabi, sampai rasul memuji, kata Nabi seandainya Allah mengizinkan aku mengambil kekasih maka aku akan pilih Abu Bakar. Di kaum muda di wakili oleh Ali bin Abi Thalib yang penuh semangat dan gagah berani. Jadi agar sukses segala sesuatu harus ada sosok 4 ini yaitu (Khulafaur Rasyidin). Kemudian niat nya lillah walirosulillah. Karena segala sesuatu yang di niatkan Karena Allah dan rasulnya maka akan memperoleh kenikmatan. Seperti kenikmatan di majlis ilmu ini, malaikat akan membentangkan sayapnya, mereka akan diliputi rahmat dan Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyebutkan mereka di hadapan para makhlukNya yang ada di sisiNya,” tutup ustadz Muhyi.

Penulis

Lala Latifatul Amaliyah, mahasiswi Prodi S1 Matematika

lala

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *