Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-Unpam) menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam dengan tema “Meneladani Akhlak Rasulullah Gapai Implementasi Nilai-nilai Humanis dan Religius ” pada Kamis, (5/11/2020) di Masjid Darul Ulum Kampus 2 Viktor.

2

Turut hadir Ketua Yayasan universitas Pamulang, Rektor, Warek 3, Kaprodi, Dosen Keagamaan, serta puluhan Mahasiswa Uiversitas Pamulang.

Dalam sambutannya ustadz Subhan Fadli MA selaku ketua DKM Masjid Darul Ulum kampus Unpam Viktor mengatakan terima kasih. “Saya mewakili DKM mengucapkan terima kasih kepada ketua yayasan yang telah memberikan masjid yang indah ini dan terselenggaranya acara maulid nabi ini,” ucapnya.

“Adapun program yang berjalan yaitu setiap hari Selasa kami mengadakan tilawah bersama ustad Sofyan Hadi Musa S.Q, MA, hari Rabu kami mengadakan kajian yang juga diadakan secara live streaming di YouTube. Kemudian setiap hari Jumat kami mengadakan Jumat Berkah. Mohon arahannya, in syaa Allah kami yakin di  tahun 2021 Fakultas Agama Islam (FAI) bisa benar-benar terwujud di Unpam,” tuturnya.

“Semoga Allah jadikan kita orang-orang yang cinta kepada nabi Muhammad. Walaupun disambut dengan hujan semoga menjadi berkah. Mohon maaf yang seluas-luasnya apabila dalam acara peringatan maulid nabi ini banyak kekurangannya,” tutup ketua DKM Masjid Darul Ulum Unpam.

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr.(HC) Drs H. Darsono, mengucapkan terimakasih kepada LKK. “Terima kasih sudah terselenggaranya acara ini, serta telah mewujudkan suasana yang religius. Unpam juga sedang membangun taman sehingga tercipta suasana yang humanis, agar menambah keindahan dan kesejukan di Unpam,” jelas Pak Dar sapaan akrabnya.

Beliau melanjutkan, agar semua masyarakat kampus berperan penting dalam memajukan Unpam. Masjid yang bagus ini memerlukan perawatan, agar manfaatnya panjang yang tidak terbawa oleh usia.”Harapan kami semua, mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah kita. Hari ini kita memperingati maulid nabi, suri tauladannya patut dicontoh. Walaupun pemahaman kita sedikit semoga bisa di amalkan agar menjadi keberkahan bagi kita,” ungkap Pak Dar.

“Kita tidak boleh memaksa maksa keyakinan orang, tetapi kita dakwah dengan kesejukan dan kedamaian itu menjadi suatu daya tarik bagi orang lain.Semoga peringatan maulid nabi ini bisa menambah perilaku baik kita,” harapan Ketua Yayasan Sasmita ini.

Rektor Unpam Dr.H. Dayat Hidayat MM. juga menambahkan, bahwa satu hari yang besar untuk jagat semesta adalah kelahiran Rasulullah. “Tidak ada sikap perilaku yang lebih baik dari pada perilaku rasulullah. Salah satu lisensi yg dpt predikat masuk surga itu adalah muslim. Kita bersyukur pada Allah Unpam dengan tahapan-tahapannya sudah tercapai, di tahun ini kita masuk peringkat ke-97 tingkat Nasional. Bahkan berdasarkan survei independen nasional sudah peringkat ke-55.,” ungkap Rektor.

Tausiah maulid nabi disampaikan oleh H. San Ridwan Maulana, S.H.I, M.M. “Kita bersyukur karena dapat hadir disini, karena ketika maulid nabi dibacakan maka tidak mustahil Rasulullah akan datang ke tempat itu. Maka ketika mahallul qiyam itu adalah berdiri paling mulia untuk menyambut kedatangan nabi,” ujarnya.

“Ketika nabi datang ke tempat itu maka demi Allah itu tempat akan menjadi mulia. Bahkan satu-satunya sandal yang masuk surga adalah sandalnya Rasulullah,” lanjutnya.

“Ketika kita bersholawat Allah mengirim malaikat khusus, untuk mencari siapa yg membaca sholawat, maka malaikat langsung mengambil sholawat itu untuk disampaikan kepada nabi dan nabi langsung menjawab sholawat kita. Bahkan, Allah dan para malaikat pun bersholawat kepada nabi,” sambungnya.

“Bahkan Allah sampai mengatakan “Kalau bukan karena engkau, tidak akan Kami ciptakan jagat raya ini”. Kemudian Nabi bertanya “Ya Rabb, kalau jagat raya ini untukku lalu aku untuk siapa?” Kata Allah, Engkau untuk-Ku ya Rasulallah”, kemudian Allah berkata, “jika engkau untukku lalu aku untuk siapa? Aku untuk orang-orang yang bersolawat Kepadamu,” ujarnya.

“Pada peringatan maulid nabi ini mari kita perbaiki akhlak kita untuk mencontoh segala sikap perilaku Rasulullah, Karena Rasulullah diciptakan untuk menyempurnakan akhlak manusia.” Tutupnya.

Penulis : Lala (Mahasiswa Prodi Matemika Unpam)

lala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *