Oleh : Tgk. Abu Bakar Dja’far, S.Ag., MA

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Pada tahun 2020 ini, umat Nasrani memperingati Hari Wafat Isa Al-Masih pada hari Jum’at 2 April. Pada tahun 2019 lalu Hari Wafat Isa Al-Masih jatuh pada tanggal 19 April. Dan tahun sebelumnya 2018, jatuh pada tanggal 30 April. Jatuhnya hari besar bagi umat Nasrani ini tidak menentu setiap tahunnnya dalam sistem kalender Masehi karena berentang antara tanggal 2 April dan 30 April. Umat Nasrani meyakini bahwa Isa Al-Masih wafat dalam kayu salib pada hari Jum’at. Hari itu kemudian disebut Jum’at Agung. Dari sinilah istilah Jum’at Agung itu berasal. Jadi istilah Jum’at Agung memang berasal dari tradisi Nasrani. Namun Islam mengenal Jum’at Mubarokah, yang maksudnya adalah hari Jum’at yang diberkahi Allah Subhanahu Wata’ala tanpa dibatasi dengan tanggal, bulan atau tahun tertentu.

ccdc

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Menurut aqidah Islam, umat Islam wajib mempercayai bahwa Isa Alaihis Salam adalah salah seorang dari kedua puluh lima Nabi dan Rasul yang wajib diimani. Mereka wajib mengetahui dan meyakini kebenarannya. Jadi kalau pada saat ini kita membicarakan tentang Nabi Isa Alaihis Salam pada hari yang oleh orang-orang Nasrani disebut hari wafatnya tidak salah karena Islam berkepentingan meluruskan masalah ini, yakni terutama tentang penyaliban dan kamatian Nabi Isa Alaihis Salam dan akan turunnya ke bumi di masa depan sebelum hari Kiamat. Secara jelas dan tegas, Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Qur’an, Surat An-Nisa, ayat 157, memberikan bantahan tentang penyaliban Nabi Isa Alaihis Salam sebagaimana firmanNya :

وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ

Artinya: “Mereka tidaklah membunuh Isa dan tidak pula menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa.”

Jamaah Jum’at rahimakumullah,

Dalam doktrin Nasrani, para pemeluknya diwajibkan meyakini bahwa Isa Al-Masih meninggal dunia dalam kayu salib. Penyalipan ini sangat penting bagi mereka karena berkaitan langsung dengan doktrin pengampunan dosa asal.  Yang mereka maksud dengan dosa asal adalah dosa warisan yang secara turun temurun diwariskan oleh Adam dan Hawa kepada semua manusia akibat memakan buah khuldi di surga. Dosa asal tersebut kemudian ditebus oleh Isa dengan penyaliban dirinya di kayu salib hingga meninggal dunia. Di dalam Islam, doktrin tentang dosa warisan tidak dikenal. Justru Islam mengajarkan bahwa setiap anak manusia lahir ke bumi dalam keadaan suci tanpa membawa dosa apapun dan dari siapapun termasuk dari kedua orang tuanya sendiri dan apalagi dosa Nabi Adam dan Hawa. Hal ini sebagaimana ditegaskan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Abi Hurairah RA:

يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ كُلُّ مَوْلُودٍ

Artinya: “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci).”

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Bahwa Isa Al-Masih wafat merupakan dogma yang harus diyakini oleh para pemeluk Nasrani sebagaimana mereka harus meyakini bahwa setelah wafat kemudian hidup kembali pada hari ketiga, tepatnya pada hari Minggu, yang kemudian dikenal dengan Minggu Paskah atau Hari Kebangkitan Isa Al-Masih. Pertanyaannya kemudian, bagaimanakah pandangan Islam yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadits tentang wafatnya Nabi Isa yang oleh orang-orang Nasrani diyakini hidup kembali? Para ahli tafsir bersepakat bahwa Nabi Isa ‘Alaihis Salam tidak pernah disalib. Sebagaimana ditegaskan dalam Surat An-Nisa, ayat 157 diatas, orang yang meninggal dalam kayu Salib tersebut sebetulnya adalah seseorang yang oleh Allah Subhanahu Wata’ala diserupakan dengan Nabi Isa ‘Alaihis Salam. Banyak pihak meyakini ia bernama Yudas Iskariot. Sekali lagi pada kasus penyaliban ini para ahli tafsir dalam Islam bersepakat satu pandangan, namun terkait dengan pertanyaan apakah Nabi Isa benar-benar telah wafat, mereka tidak bersepakat.

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Para ahli tafsir dalam Islam memang terbelah dua dalam menyikapi apakah Nabi Isa ‘Alaihis Salam telah wafat atau masih hidup. Mereka memiliki argumentasi masing-masing yang pada intinya mereka berbeda dalam menafsirkan Surat Ali Imran ayat 55, Surat Al-Ma‘idah ayat 117 dan 144 serta Surat An-Nisa’ ayat 159. Perbedaan penafsiaran terjadi terutama dalam memaknai kata مُتَوَفِّيكَ “mutawaffika” yang terdapat dalam Al-Qur‘an Surat Ali Imran, ayat 55 sebagai berikut:

Artinya: “(Ingatlah) tatkala Allah  berkata : Wahai  lsa,  sesungguhnya Aku akan mewafatkan engkau dan mengangkat engkau kepada-Ku, dan membersihkan engkau dari orang-orang yang kafir.”

Beberapa ahli tafsir meyakini bahwa kata-kata مُتَوَفِّيكَ yang artinya “mewafatkan engkau” pada ayat di atas bermakna sesuai dengan arti makna dhahirnya, yakni “wafat” atau “mati”. Dengan pemahaman seperti itu mereka meyakini bahwa Nabi Isa ‘Alaihis Salam benar-benar telah diwafatkan oleh Allah sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Para ahli tafsir yang memiliki pemahaman seperti ini antara lain adalah Buya Hamka, Syaikh Muhammad Abduh dan Sayyid Rasyid Ridha, Mahmud Syaltut, dan sebagainya. Selain itu, mereka dalam menafsirkan kata-kata yang artinya “Allah mengangkat engkau (Nabi Isa)” sebagaimana terdapat dalam Surat Ali Imran, ayat 55, bukan dalam arti bahwa Allah mengangkat ruh dan jasmani beliau ke langit, tetapi Allah mengangkat derajat Nabi Isa ‘Alaihis Salam tinggi-tinggi sebagaimana Allah mengangkat derajat para Nabi lainnya. Jadi yang diangkat oleh Allah menurut para ahli tafsir tersebut bukan fisik dan rohani Nabi Isa ‘Alaihis Salam melainkan hanya derajatnya sehingga bersifat immaterial. Demikian pula terkait dengan akan turunnya Nabi Isa ‘Alaihis Salam ke bumi, mereka menafsirkan bahwa bukan jasad dan ruh Nabi Isa ‘Alaihis Salam yang akan turun ke bumi, melainkan ajarannya yang asli yang penuh rahmat, cinta dan damai. Ajaran itu mengambil maksud pokok dari syariat. (Lihat Syaikh Muhammad Abduh, Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim (Tafsir Al-Mannar), Kairo, Dar Al-Mannar, 1376 H, Juz 3, Cet.III, hal.317).

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Beberapa ahli tafsir lainnya yang meyakini bahwa Nabi Isa ‘Alaihis Salam belum wafat atau masih hidup mendasarkan pemahamannya bahwa kata مُتَوَفِّيكَ pada Surat Ali Imran ayat 55 tidak bermakna dhahir “mewafatkan engkau” tetapi bermakna kontekstual, yakni “menidurkan engkau”, sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir bahwa yang dimaksud dengan اَلْوَفَاةُ “wafat” terkait Nabi Isa ‘Alaihis Salam adalah اَلنَّوْمُ yang artinya “tidur”. (Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’an al-‘Adhim, Bairut, Dar Ibn Hazm, 2000, hal. 368). Pemaknaan kontekstual seperti itu berimplikasi bahwa Nabi Isa ‘Alaihis Salam belum wafat atau masih hidup baik secara fisk maupun non-fisik karena mereka meyakini Allah mengambil ruh dan jasad Nabi Isa secara bersama sama untuk diangkat ke langit dalam keadaan tidur. Implikasi berikutnya adalah mereka memahami bahwa Nabi Isa akan turun ke bumi dengan jasad dan ruhnya di masa depan berdasarkan hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Para ahli tafsir yang memilih pemaknaan seperti ini selain Ibnu Katsir, adalah Al Baidhawi, Syaikh Thanthawi, Ibnu Taimiyah, dan lain sebagainya.

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Meskipun terdapat dua kubu ahli tafsir yang berbeda pendapat tentang sudah wafatnya Nabi Isa ‘Alaihis Salam, namun sebagian besar umat Islam sepakat bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam masih hidup sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Athiyah dalam kitab tafsirnya Al-Muharrar Al-Wajiz sebagai berikut: “Umat Islam sepakat untuk meyakinkan kandungan hadist yang mutawatir bahwa Nabi Isa hidup di langit. Beliau akan turun di akhir zaman, membunuh babi, mematahkan salib, membunuh Dajjal, menegakkan keadilan, agama Nabi Muhammad menjadi menang bersama beliau, Nabi Isa juga berhaji dan umrah, dan menetap di bumi selama dua puluh empat. Ada juga yang mengatakan 40 tahun dan kemudian Allah mewafatkannya.” (lihat Ibnu Athiyyah, Al-Muharrar Al-Wajiz, Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2001, Juz I, hal. 444).

Jamaah Jum’at Rahimakumullah,

Menyikapi khilafiyah di bidang keyakinan sebagaimana diuraikan di atas, umat Islam tidak perlu berkecil hati ataupun mengkhawatirkan sesuatu sebab masalah ini bukanlah masalah keimanan yang bersifat fundamental, melainkan lebih merupakan perbedaan biasa karena secara umum merupakan perbedaan budaya. Masing-masing umat Islam baik yang percaya maupun tidak percaya bahwa Nabi Isa Alaihis Salam masih hidup tidak berisiko menanggung apa pun sebab persoalan ini bukan masalah qath’i. Mereka tetap sama-sama mukmin dan bukan kafir.

 

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *