Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-Unpam) bekerjasama dengan pengurus Masjid Darul Ulum II Viktor Unpam menggelar kajian tematik ba’da Dzhuhur pada Senin (28/3/2022). Narasumber kali ini adalah Deni Darmawan dengan kajian yang berjudul “Renungan Dalam Menyambut Bulan Ramadhan”.

1 copy

Dalam ceramahnya, Deni mengingatkan ada tiga hal yang perlu di renungkan pada bulan Syaban sebelum menyambut Ramadhabn. “Perlu kita renungkan di bulan Syaban sebelum datangnya bulan Ramadhan. Renungan pertama, sudah berapa banyak amal yang berkualitas kita persembahkan kepada Allah. Renungan kedua, sudah berapa sering kita memohon ampun kepada Allah. Ketiga, introspeksi diri sebelum memasuki bulan Ramadhan,” ujar Deni yang juga menulis buku “keajaiban Ramadhan”.

Deni melanjutkan, bahwa amal yang berkualitas mejadi laporan tahunan yang diangkat kepada Allah. “Dalam hadits yang shahih, Nabi banyak berpuasa di bulan Syaban. Nabi ingin, ketika diangkatnya amalnya oleh Allah dalam keadaan berpuasa. Nabi mencontohnkan agar memperbagus amal di bulan Syaban. Nabi juga tidak ingin, ketika di bulan Syaban, ibadah malah makin menurun,” ungkap Deni yang juga penulis reportase kegiatan keagamaan di website lkk.unpam.ac.id.

2 copy

Sedangkan renungan yang kedua yaitu selalu memohon ampun. “Pada malam nisfu Syaban, Allah akan memperhatikan dan mengampuni seluruh makhluk, kecuali orang yang musyrik dan orang-orang yang bermusuhan, orang yang selama ini masih dendam, dan dengki. Orang yang seperti ini tidak dapat pengampunan dari Allah SWT. Oleh sebab itu, perbanyaklah mengucapkan istighfar. Mohon ampunlah kepada Allah dan kepada manusia, khususnya orang tua, kerabat dam juga rekan jika ada salah,” terang Deni.

“Yang terakhir, marilah kita sama-sama melakukan introspeksi diri. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hasyr ayat 18, agar orang-orang beriman dan bertakwa hendaklah untuk memperhatikan hari esok, dan hari akhirat nanti. Ketika Ramadhan tiba, marilah kita saling introspeksi, sehingga hati kita bersih, jernih, tidak ada permusuhan, tatkala kita menyambut Ramadhan, kita sambut dengan kebersyukuran dan cuka cita,” tutup Deni kepada seluruh jamaah yang sebagian besar adalah mahasiswa.

Kontributor : Deni Darmawan  

3 copy


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /www/wwwroot/lkk.unpam.ac.id/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *